Kamis, 31 Maret 2016

Waspada, Serangan Jantung Tidak Selalu Nyeri Dada

Waspada, Serangan Jantung Tidak Selalu Nyeri Dada

Tidak semua serangan jantung datang ditandai dengan nyeri pada dada. Bahkan, terkadang, serangan jantung terlihat seperti sakit flu.

Menurut Dr. Antono Sutandar, SpJP Siloam Hospital Kebon Jeruk menjelaskan, beberapa kasus serangan jantung terkadang muncul seperti rasa sakit flu. Para penderita sakit jantung pun merasa seperti biasa saja karena seperti biasa, penyakit flu akan sembuh dengan sendirinya seiring istirahat yang cukup.

"Tidak jarang, serangan jantung seperti merasakan sakit flu. Seperti ada beban di dada saat flu kemudian disertai dengan riyak di daerah tenggorokan," kata Dr. Antono Sutandar, SpJP Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (30/03/2016).

Lebih lanjut dia menjelaskan, gejala serangan jantung seperti itu terlihat samar. Untuk itu, disarankan agar orang yang mengalami riwayat penyakit jantung bisa secara rutin memonitor kesehatan jantungnya.

"Jika memiliki riwayat penyakit jantung di dalam keluarga atau mempunyai faktor risiko seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, atau perokok, jangan dibiarkan. Pasien bisa langsung temui dokter secepatnya untuk memeriksakan kesehatan," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar